Monday 26 March 2012

PRINSIP DAN KARAKTERISTIK EKONOMI SYARIAH

A. prinsip Ekonomi Syariah

Sistem Ekonomi Syariah mempunyai prinsip-prinsip dasar yang membedakan dirinya dengan sistem ekonomi lainnya. Ia merupakan sistem ekonomi yang diilhami oleh pandangan Islam mengenai alam,kehifdupan,dan manusia yang berasakan akidah(tauhid).

Ali Ahmad menyebutkan tiga prinsip ekonomi syariah,yaitu kepemilikam ganda,individu dan sosial, asuransi dan jaminan usaha dan kebebasan terikat .

Kendati terdapat perbedaan dalam detail perincian,namun secara umum mereka menyebutkan tiga prinsip utama ekonomi syar4iah, yaitu: kepemilikan ganda,khusus dan umum,kebebasan ekonomi terikat dan jaminan sosial.

prinsip ini akn diuraikan sebagai berikut :
1. Prinsip Kepemilikan Ganda : Khusus dan Umum

Dalam sistem ekonomi sosialis,prinsip umum kepemilikan yang berlaku adalah kepemilikan negara,ia berpijak pada prinsip kepemilikan kolektif atas seluruh sumber daya perekonomian yang terdapat pada suatu negara. sebaliknya pada sistem ekonomi kapitalis,prinsip umum kepemilikan yang berlaku adalah kepemilikan swasta. ia berdiri di atas prinsip kepemilkan individu secara mutlak.

Pada dasarnya, prinsip kepemilikan dalam islam merupakan pengejawantahan dari nilai tauhid dan keadilan yang menjadi fondasi bagi sistem ekonomi sayriah. Konsep keadilan memang bukan monopoli sistem ekonomi sayriah. Kapitalisme dans osialisme juga memiliki konsep keadilan. Namun demikian, konsep keadilan dalam isl;am berbeda dengan konsep keadilan dalam kapitalisme dan sosialisme. Menurut kapitalisme klasik,definisi adil adalah " Anda berhak memperoleh apa yang anda upayakna." Sedangkan menurut sosialisme klasik adil adalah " sama rata sama rasa." di lain pihak, menurut islam,adil adalah " tidak mendalimi tidak pula didzalimi.

2. Prinsip Kebebasan Terikat

Kebebasan yang dimaksud di sini mencakup kebebasan beraktifitas,bekerja,memiliki dan membelanjakan harta. akan tetqapi kebebasan tersebut dibatasi dengan ketentuan istikhlaf an diikat dengan hukum-hukum syara, mengenai mana yang halal dan haram. Artinya, seseorang muslim bebas melakukan perbuatan yang dikehendaki dan ia bebas menentukan cara memperoleh,memiliki dan membelanjakan hartanya.

Kebebasan ekonomi adalah suatu sistem ekonomi syariah yang mengacu pada kebebasan individu untuk melakukian berbagai kegiatan perekonomian,baik produksi,distribusi dan konsumsi berdasarkan kaidah dan aturan sayriah.

Menurut ajaran isalm,prinsip ekonomi harus mengikuti bebarapa ketentuan berikut. pertama, islam melarang berbagai kegiatan perekonomian yang bertentangan dengan niali-nilai monopoli yang telahg ditetapkan oleh syariah,seperti riba,eksploitasi,monopoli dan lain sebagainya.

3. Prinsip Jaminan Sosial

Istilah Jaminan Sosial dalam sistem ekonomi syariah mengacu kepada segenap kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap anggota masyarakat anatara satu sama lain kewajiban tersebut bukan sekedar memberikan simapti yanh bersifat maknawi,seperti rasa cinta,kebaikan dan amar ma'ruf nahi munkar,tetapi juga simpati yang bersifat materi, yakni dengan cara memberikan bantuan materill kepada anggota masyarakat yang membutuhknnya.

1 comment:

  1. The Game of Thrones Casino Review - JTM Hub
    As 대구광역 출장안마 it shows, The Game of Thrones is not 안동 출장샵 a movie. The story centers 익산 출장안마 on the life of King Arthur. This 여수 출장샵 game was 군포 출장샵 inspired by

    ReplyDelete